spoon

MANFAAT BERENANG SEJAK DINI

0

Category :

Selain menyenangkan, ternyata kegiatan bermain air juga memilki segudang manfaat untuk anak-anak....

1. IQ lebih tinggi
  • Suatu penelitian di Melbourne, Australia mengukur IQ anak yang berusia 10 tahun. Ternyata, hasil menunjukkan bahwa anak-anak yang diajarkan berenang sejak bayi memiliki IQ lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak diajarkan berenang atau diajarkan berenang setelah usia 5 tahun. Gerakan anggota badan si kecil saat berenang dapat merangsang pertumbuhan otak syaraf.

2. Memberi stimulasi pada motorik
  • Bermain di dalam air akan membuat saraf dan otot bayi berkembang. Dengan bergerak, semua bagian tubuh bayi akan terlatih saat berenang walaupun tekniknya belum sempurna.

3. Melatih rasa kepecayaan diri dan keberanian
  • Berada dan menjelajahi kolam renang yang besar dan luas bersama orang tua akan mendorong bayi menjadi lebih berani. Memperkuat ikatan emosi. Tidak hanya bermanfaat dari segi fisik, kebersamaan dengan senuhan dan interaksi hangat saat mendampingi si kecil di kolm renag akan membuat jalinan emosi lebih kuat.

4. Kemampuan sosial
  • Berenang bersama-sama di kolam renang umum dengan bayi atau batita lainnya akan mengasah kemampuan berdaptasi dan bersosialisasi. Biarkan si kecil "mengobrol" dan bercengkrama dengan teman-temannya.